Diberdayakan oleh Blogger.

Gulai Itik Lado Mudo Bukittinggi

LokasiTampak Depan
sambal ijo
bebekijo
dada itik
dendeng batokok
gulaianyang
itiak hijau
Selama seminggu keliling sumbar, mencoba bermacam-macam masakan padang akhirnya kita memutuskan gulai itik lado mudo ini sebagai juaranya.

Potongan daging itik yang lembut disiram dengan sambal cabe hijau nya yang pedaass membuat gue mendatangi tempat ini dua hari berturut-turut selama kita berada di kota Bukit tinggi.

Warung Gulai itik lado mudo ini berada di bawah ngarai sianok, sebuah warung bernuansa pinky yang menyatu dengan rumah Ibu pembuat gulai itik enak ini.

selain gulai itik lado mudo sebagai juaranya, di warung ini kita bisa menemukan masakan padang lainnya seperti dendeng batokok dan gulai anyang, dan soal rasa sama enaknya dengan itik lado mudo nya.

di bagian samping warung ini kita bisa melihat itik-itik di dalam kandang yang siap di eksekusi. Itik-itik yang di masak khusus itik berjenis kelamin laki-laki karena itik perempuan lebih amis.

Satu potong itik di hargai lima belas ribu rupiah dan satu ekor nya di bandrol tujuh puluh ribu rupiah. Ibu ini sudah berjualan gulai itik lado mudo ini sejak tahun 1960 dan dalam sehari 30 ekor itik habis terjual.

Warung ini juga menjual itik-itik lado mudo dalam bentuk beku, untuk keperluan perjalanan jauh, biasanya untuk di bawa sebagai oleh-oleh. menurut si penjual kalau sudah beku gini itik bisa bertahan selama 6 bulan tanpa mengurangi kelezatan rasa itik. Sayang setelah mengunjungi kota bukit tinggi gue harus melanjutkan perjalanan ke kota-kota laen di Sumbar jadi gak mungkin membawa bebek beku itu ke Jakarta.

Buat yang mau ke bukit tinggi, harus mampir mencoba gulai itik mudo Ngarai ini, karena memang patut di coba.

Kontributor : Febi Liana

ads

Ditulis Oleh : Radja Resep Hari: 07.21 Kategori:

1 komentar: