Diberdayakan oleh Blogger.

Semarang Lembut Renyah Tahu Pong dan Tahu Emplek

Eka Septia - detikFood
GB

Tahunya digoreng garing, luarnya renyah dan bagian dalamnya 'kopong' dengan rasa lembut gurih. Dicocol kuah kecap petis yang diaduk dengan cabai rawit. Rasanya pun jadi gurih manis pedas. Harum aroma bawang putih pun menguar tajam. Soal rasa jangan ditanya, pastinya lezat membelai lidah apalagi saat disantap malam hari. Nyam..nyam.. enak tenan!

Kalau sedang bertandang ke Semarang, pastinya jajanan khas yang satu ini tidak pernah saya lewatkan. Hanya ada saat malam hari, langsung digoreng saat dipesan. Saat mampir ke kota Semarang, saya menyempatkan diri untuk mampir ke warung tenda Sari Roso untuk melepas rindu pada tahu pong.

Selain tahu pong, ada juga tahu gimbal, tahu pong gimbal emplek, tahu telur, tahu komplit, tahu kopyok telur, gimbal telur, tahu emplek gimbal, tahu emplek gimbal telur, dan masih banyak yang lainnya. Saya lantas memesan tahu pong emplek, tahu pong gimbal, dan tak ketinggalan tahu kopyok telur.

Tahu pong sendiri menrupakan makanan khas Semarang yang diadaptasi dari kuliner Cina dengan rasa lokal. Dulu, di daerah Peloran terkenal sebuah warung tahu pong yang neak. Sayang sekali tempat itu ditutup dan diganti dengan rumah makan baru di kawasan pecinan, pasar Semawis. Pilihan saya yang kedua, ya tahu pong di jalan Depok ini.

Pengunjung warung tenda Sari Roso malam itu cukup ramai, warung yang terletak di Jl. Depok, Semarang ini ternyata sudah sangat terkenal loh! Tak heran jika setiap malam warung ini dipadati pengunjung. Selama menunggu pesanan saya dibuat, saya dihibur oleh seniman jalanan yang membawakan lagu-lagu nostalgia.

Hampir mirip dengan di Yogya, mereka membawa alat-alat musik lengkap layakanya penyanyi profesional dan tak ketinggalan vokal yang enak di telinga. Sebuah lagu berselang, pesanan saya pun datang. Tahu yang masih mengepul panas disajikan dalam sebuah piring putih bermotif bunga. Saus berwarna cokelat kehitaman di piring yang berlainan. Tak ketinggalan serutan acar lobak dan juga sambal rawit dadaknya.

Tahu pong langsung digoreng saat saya memesan, jadi benar-benar masih panas mengepul. Tahu pongnya berjumlah lebih dari 7 buah dalam satu piring. Ditambah lagi dengan emplek (seperti tahu Cina yang lembut) untuk tahu pong emplek, sebuah gimbal atau bakwan udang yang dicetak melebar untuk tahu pong gimbal, dan telur bulat utuh yang digoreng untuk tahu pong telur. Jadi, pilihan paduannya tergantung selera saja.

Cara memakannya, tahu pong disobek dan dicelupkan ke dalam sausnya, tunggu hingga meresap barulah disantap. Rasanya hmm.. enak! Tahunya gurih renyah, tak meninggalkan aroma dan rasa asam sama sekali. Saat bercampur dengan kuah nya yang manis manis manis gurih, wah.. semakin mantab saja rasanya!

Kuahnya terbuat dari kecap manis yang dicampur dengan petis udang dan bawang putih yang royal. Tambah lezat saat sambal dadaknya sudah dicampurkan ke dalam kuahnya. Huah..huah.. benar-benar pedas menggigit! Kalau suka, tambahan acar lobak yang diserut halus jangan sampai dilewatkan. Krenyes..krenyes.. renyah asam segar.

Gimbal yang berupa gorengan udang dan adonan tepung agak tipis lebar. Setelah digoreng lalu dipotong-potong. Teksturnya sangat renyah dan rasanya gurih enak. Udang dan tauge yang dibalut dengan tepung dan digoreng kering bumbunya pun sangat terasa. Kriuk..kriuk.. garing dan gurih. Tahu telur kopyok paling berbeda sendiri diantara pesanan saya.

Tahu yang dihaluskan dikocok bersama dengan telur dan juga daun bawang. Yah, hampir mirip dengan martabak tapi tidak menggunakan kulit saja. Rasanya pun enak setelah tersiram dengan bumbunya. Jejak pedas yang tertinggal di lidah disapu dengan teh manis hangat.

Wah, benar-benar sedap sekali. Perut kenyang, rasa rindupun terpuaskan. Lebih senang saat membayar, karena harganya yang sangat ramah dikantong jika dibandingkan dengan porsinya yang cukup besar. Harga untuk seporsi tahu pong biasa Rp. 6.000, tahu pong gimbal Rp.11.000,00, tahu emplek Rp 6.000,00 dan tahu emplek gimbal Rp. 11.000,00.

Tahu Pong Sari Roso
Jl. Depok, Semarang
Cabang:
Jl. Gajah Mada 106 (kanan jalan dari arah simpang lima)

ads

Ditulis Oleh : Radja Resep Hari: 17.31 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar